Monday 21 November 2016

Trik Cepat Matematika Pengurangan dengan Penambahan 1



Setelah kita membahas trik cepat matematika penjumlahan angka yang berjumlah 10, pada kesempatan ini kita akan membahas trik cepat matematika dalam menyelesaikan soal pengurangan dengan trik penjumlahan.

ILUSTRASI
Sekarang adalah musim kemarau. Kamu dan teman karibmu berjualan sirup di suatu sudut jalan. Pada hari pertama kamu menjual 45 botol. Setelah satu jam berjualan, kamu hanya mempunyai 27 botol sirup yang tersisa. Berapa botol sirup yang telah terjual dalam waktu satu jam tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, kamu harus melakukan pengurangan 45 - 27.

Beginilah Caranya!
Trik lain dalam menyelesaikan soal pengurangan adalah mencoba dengan trik penjumlahan. Biasanya menambahkan lebih mudah daripada mengurangi, apalagi penambahan dengan angka puluhan. Selamanya lawan dari pengurangan adalah penjumlahan, misal untuk menghitung 45 - 27, kamu dapat bertanya dalam hati "27 ditambah berapa sama dengan 45?". Mari kita coba trik ini untuk menyelesaikan contoh soal sirup tersebut!

Contoh
Soal: 45 - 27
Langkah 1: Pikirkan, "27 ditambah berapa sama dengan 45?"
Langkah 2: Pikirkan, "27 + 10 = 37" dan "37 + 8 = 45". Kamu telah menambahkan 10, kemudian 8. Sekarang tambahkan kedua angka tersebut untuk mendapatkan jawabannya.
Jawab: 18

INGATLAH SELALU! Pertama-tama, kamu dapat menggunakan jarimu untuk menghitung jumlah puluhan yang telah kamu tambahkan. Dengan giat berlatih, kamu akan dapat memperoleh jawabannya dalam satu langkah.

Sekarang Giliranmu Berlatih!
Kerjakan soal-soal pengurangan ini dengan cara penjumlahan.
1. 41 - 26 =
2. 36 - 19 =
3. 84 - 37 =

Kerjakan dengan teliti dan jangan tergesa-gesa.
Sekian postingan ini. Semoga bermanfat.

0 komentar:

Post a Comment