Tuesday 15 November 2016

Trik Cepat Matematika Penjumlahan Tanpa Menyimpan



Setelah kita membahas mengenai Konsep Jagoan Matematika, sekarang kita akan membahas mengenai penjumlahan tanpa menyimpan.

ILUSTRASI
Sebagai hadiah ulang tahunmu, seseorang memberimu permainan jigsaw dalam 500 potongan. Empat hari kemudian, kamu berhasil menyusun 34, 56, 32, dan 77 potongan. Kamu ingin mengetahui jumlah potongan yang telah kamu susun. Untuk mengetahuinya, kamu dapat menjumlahkan jumlah potongan-potongan yang telah kamu susun yaitu 34 + 56 + 32 + 77

BEGINILAH CARANYA!
Kamu dapat menjumlahkan angka tanpa menyimpan dengan cara menjumlahkan angka menurut kolomnya. Kemudian menjumlahkan angka seluruhnya. Pertama, jumlahkan angka pada kolom satuan dan tuliskan hasilnya. Kemudian jumlahkan angka pada kolom puluhan dan tuliskan hasilnya dengan menggeser satu baris ke kiri, atau angka terakhir pada kolom puluhan. Terakhir jumlahkan angka tersebut sesuai dengan kolomnya. Kamu akan memperoleh hasilnya. Mari kita coba "trik penjumlahan tanpa menyimpan" ini pada contoh penjumlahan angka jigsaw yang telah kamu susun tadi.

Mari kita coba dengan contoh berikut:
Soal: 34 + 56 + 32 + 77 =
Cara: 
                       34
                       56
                       32
                       77
                      ___+
                       19
                     18
                      ___+
Jawab        199

INGATLAH SELALU! Trik ini juga dapt diterapkan pada penjumlahan angka ratusan. Kamu cukup menulis angka ratusan dengan mengeser satu kolom ke kiri atau angka terakhir pada kolom ratusan. Selanjutnya jumlahkan! Namun, lambat laun kamu tetap perlu melakukan penyimpanan jika menggunakan cara ini, tetapi tu tidak sering terjadi.

Sekarang Giliranmu Berlatih!
1. 90 + 34 + 31 + 74 =
2. 32 + 43 + 53 + 23 =
3. 12 + 24 + 20 + 31 + 41 =

Kerjakanlah dengan teliti dan tidak perlu tergesa-gesa.

Sekian postingan ini. Semoga bermanfaat bagi kalian.

0 komentar:

Post a Comment